Selamat datang di Pembelajaran E-learning Reproduksi




Rabu, 27 Juli 2011

Kelainan/penyakit yang terjadi

A. Kelainan Sistem Reproduksi
Sistem reproduksi dapat mengalami gangguan akibat penyakit atau kelainan. Penyakit pada sistem reproduksi dapat disebabkan oleh kuman penyakit, faktor genetik, atau hormon. Beberapa gangguan pada sistem reproduksi adalah sebagai berikut:
1.      Tumor Payudara
Tumor pada payudara dapat bersifat jinak seperti fibroadenoma, yaitu berupa benjolan yang dapat bersifat ganas, disebut kanker payudara. Kanker payudara dialami wanita setelah menopause dan jarang terdapat pada wanita dibawah 30 tahun. Pengobatan bisa dengan operasi, sinar radioaktif, dan obat-obatan.
 
Gambar 17: kanker payudara (http://nonisehatsukses.blogspot.com/2011_02_01_archive.html)


1.      Vulvovaginitis
Vulvovaginitis adalah peradangan pada vulva dan vagina yang sering menimbulkan gejala keputihan (flour albus) yaitu keluarnya cairan putih kehijauan dari vagina. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Gardnerella vaginalis. Dapat pula disebabkan oleh protozoa, misalnya Trichomonas vaginalis atau jamur Candida albicans.

 
Gambar 18: vulvovaginitis (http://drugster.info/ail/pathography/2158/)
1.      Impotensi
Impotensi adalah ketidakmampuan mempertahankan ereksi penis. Impotensi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain gangguan produksi hormon testosteron, kelainan psikis, penyakit diabetes mellitus, kecanduan alkohol, obat-obatan (misalnya obat anti tekanan darah tinggi), dan gangguan sistem saraf.
2.      Gonorrhea
Gonorrhea merupakan penyakit infeksi akut yang menyerang selaput lender pada uretra, serviks, rectum, sendi, tulang, faring dan mata. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gonorrhea yang ditularkan dari ibu ke anaknya saat kelahiran dapat menyebabkan kebutaan. Gejalanya adalah rasa sakit saat buang air kecil dan keluar nanah berwarna kuning kehijauan dari uretra.


1.      Hipertropik Prostat
Hipertropik prostat adalah pembesaran kelenjar prostat yang terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun. Penyakit ini diduga berhubungan dengan penuaan dan proses perubahan hormon. Gejalanya adalah rasa ingin kencing terus menerus dan kencing tidak lancar karena uretra tersumbat dan infeksi kandung kemih. Penyumbatan kronis dapat menyebabkan ginjal rusak.
2.      Prostatitis
Prostatitis adalah peradangan pada prostat yang sering disertai dengan peradangan pada uretra. Gejalanya berupa pembengkakan yang dapat menyumbat uretra sehingga timbul rasa nyeri dan sulit buang air kecil. Penyumbatan uretra yang kronis dapat menyebabkan pembendungan, infeksi, dan kerusakan pada kandung kemih dan ginjal.
3.      Infertilitas
Infertilitas adalah ketidakmampuan menghasilkan keturunan. Infertilitas ini dapat terjadi pada pria dan wanita.
4.      Kanker Serviks
Kanker serviks (kanker leher rahim) banyak dialami wanita berusia 40-55 tahun. Kanker serviks diduga berhubungan erat dengan infeksi Virus Herpes Simpleks tipe dua dan Human papilloma virus. Pengobatan dengan operasi, sinar radioaktif dan obat-obatan.
 

Gambar 20: kanker serviks (http://mengobatisakit.wordpress.com/2010/06/26/mengobati-kanker-serviks/)
1.      Sifilis
Sifilis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh penyakit Treponema pallidum. Infeksi terjadi pada organ kelamin bagian luar. Sifilis dapat dikembangkan ke tahap sekunder dan tersier yang sulit diamati. Sifilis sekunder menular sedangkan sifilis tersier tidak menular. Meskipun demikian, sifilis tersier menimbulkan berbagai kerusakan pada tubuh selain pada organ kelamin, seperti otak, jantung, pembuluh darah, hati dan lain-lain. Sifilis dapat diobati dengan penisilin dosis tinggi, namun kerusakan jaringan yang terjadi selama infeksi tidak dapat disembuhkan kembali.
 

Gambar 21: sifilis (http://anythingiwanttowrite.blogspot.com/2009/07/sifilis-penyakit-kelamin-foto.html)

1.      Non-Gonococcal Urethritis (NGU)
Non-Gonococcal Urethritis merupakan peradangan pada uretra dan serviks yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis dan Ureaplasma urealyticum.
2.      Herpes Simpleks Genitalis
Herpes simpleks genitalis adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Herpes Simpleks tipe 2 yang menyerang kulit di daerah genital luar, anus, dan vagina. Gejalanya adalah rasa gatal, pedih, kemerahan pada kulit didaerah kelamin disertai gejala flu seperti sakit kepala dan demam. Kemudian pada daerah tersebut timbul lepuh kecil-kecil, selanjutnya pecah, timbul luka yang sering disertai pembesaran kelenjar limfa.
3.      Endometriosis
Endometriosis adalah terdapatnya jaringan endometrium di luat rahim. Jaringan endometrium dapat ditemukan di ovarium, peritoneum,usus besar, dan kandung kemih, akibat pengaliran balik darah menstruasi melalui tuba fallopi sewaktu menstruasi. Gejalanya adalah rasa nyeri saat menstruasi karena jaringan endometrium luruh bersamaan dengan menstruasi. Pengobatan dapat melakukan dengan operasi atau pemberian hormon progesteron.
4.      Sindrom Premenstrual
Sindrom Premenstrual adalah keadaan di mana terjadi gangguan emosi, lesu, sakit kepala, bengkak pada tungkai, rasa pedih, dan nyeri pada payudara yang terjadi beberapa hari sebelum menstruasi. Penyebabnya diduga adalah kadar estrogen tinggi dan progesteron rendah, gangguan metabolisme karbohidrat, kadar prolaktin tinggi dan gangguan psikis yang berhubungan dengan sindrom premenstruasi.
5.      AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome)
Penyakit AIDS disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga penderita AIDS menjadi rentan terhadap berbagai penyakit infeksi. Penyakit flu bisa mematikan bagi penderita AIDS. Gejala AIDS sulit diamati karena mirip dengan gelaja penyakit lain. Untuk memastikan seseorang terkena AIDS atau terinfeksi HIV diperlukan tes khusus. AIDS ditularkan melalui hubungan seks suksual, tranfusi darah, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, dan dari ibu kepada bayi yang dikandungnya. Hingga kini belum ada obat untuk AIDS.
 

Gambar 22: penderita AIDS (http://sintasinthiachoerunnisa.blogspot.com/2011/03/aids.html)

1 komentar:

LBB EINSTEIN mengatakan...

Postingan yang Menarik dan Luar biasa...!

Posting Komentar

Bagaimana menurut Mu tentang media ini?

 
Design by www.pandani.co.cc | Web Design Media Pembelajaran | online